Featured Post

Pulau Pari



Jika Anda telah bosan berwisata pantai di pantai-pantai terkenal yang padat pengunjung seperti Pantai Kuta atau Pantai Senggigi, mungkin destinasi wisata pantai di pulau pari, yang wilayahnya masih dalam Kabupaten Kepulauan Seribu Jakarta. Di pulau kecil yang letaknya tidak terlalu jauh dari Jakarta ini, Anda akan dapat menikmati wisata pantai yang lebih alami karena pulau ini tidak dikhususkan sebagai tempat wisata melainkan perkampungan penduduk.

Objek Wisata Bahari Yang Memukau

Meskipun demikian, pulau tidung mempunyai pemandangan pantai yang tak kalah dengan pantai-pantai lain yang merupakan bagian dari Kepulauan Seribu. Selain dapat melakukan wisata bahari seperti berenang, memancing, snorkeling dan lain-lain, tempat ini juga sangat cocok bagi penghobi fotografi karena suasananya tidak terlalu ramai seperti di pulau-pulau lain yang memang merupakan tujuan wisata.

Pulau Pari berada di tengah gugusan pulau yang berjejer mulai dari selatan hingga utara perairan Jakarta, dan dikelilingi oleh 5 pulau yaitu, Pulau Kongsi, Pulau Gudus, Pulau Burung Indah, dan Pulau Tengah. Jejerang pulau-pulau tersebut tergabung dalam gugusan lagoon yang luas dengan pemandangan pantai luar biasa memukau. Anda dapat menelusuri gugusan ini dengan berjalan kaki di pantai yang berpasir putih. Uniknya di tempat wisata ini penduduk ataupun pendatang dilarang untuk membuang sampah sembarangan atau di pulau ini, sehingga wisatawan diwajibkan untuk membawa kantong plastik sebagai tempat sampah pribadi dan membawanya pulang.

Obyek Wisata Andalan Daerah

Walaupun merupakan pulau kecil bagian dari pulau seribu tidak dikhususkan sebagai destinasi wisata, tetapi di wilayah ini terdapat 3 obyek wisata yang menjadi andalan wilayah Pari. Tiga obyek wisata tersebut adalah Pantai Perawan, Pantai Pasir, dan Dermaga Bukit Matahari. Ketiga obyek wisata ini tidak dikelola oleh pemerintah melainkan oleh penduduk sendiri secara swadaya dan pendapatan dari obyek wisata digunakan untuk mengelola fasilitas wisata, pengembangan infrastruktrur, perawatan,  pemeliharaan kebersihan, dan mendanai kegiatan sosial masyarakat.

Aktivitas Wisata di Pulau Tidung

Di Pulau Tidung, Anda dapat sekedar menikmati pemandangan dengan menulusuri garis pantai yang berpasir putih dan berair jernih, atau berenang, snorkeling, serta berkeliling dengan sampan atau speed boat dan bersepeda. Masyarakat pulaulah yang menyediakan seluruh jasa wisata ini dengan merancang seluruh paket wisata mulai dari penginapan, pemandu wisata, hingga persewaan alat-alat snorkeling dan diving.

Jadi, Pulau Pari juga dapat menjadi salah satu alternatif tujuan wisata bahari bagi Anda dan keluarga. Apalagi tidak dibutuhkan biaya yang terlalu tinggi untuk berwisata di wilayah Kepulauan Seribu bila Anda adalah penduduk ibukota. Daripada mengeluarkan biaya yang besar untuk berwisata pantai di luar Jakarta, sebaiknya berwisata saja di pulau-pulau mungil ini karena Anda akan mendapatkan pemandangan pantai yang tak kalah cantik dengan destinasi wisata lain yang telah populer.

0 Response to "Pulau Pari"