Featured Post

Mau Liburan ke Kepulauan Seribu, Enak Ransel atau Koper?

Jakarta - Kepulauan Seribu merupakan taman nasional yang tak jauh dari Jakarta, dengan menampilkan keindahan dunia bawah laut. Banyak pulau berpasir putih dan titik untuk snorkeling serta diving. Mau ke sana, tinggal pilih mau bergaya ransel atau koper.

Berdasarkan informasi yang dikumpulkan detikTravel dari pihak Taman Nasional Kepulauan Seribu, Senin (18/5/2015) dua cara tersebut tergantung pada selera traveler masing-nasing. Pihak taman nasional membeberkan berapa biaya yang kira-kira harus dibawa oleh dua tipe traveler tersebut. Ransel adalah yang murah, sedangkan koper adalah yang mewah. Yang membedakan, tentu saja kenyamanannya.

Dimulai dari transportasi, kalau traveler bergaya ransel bisa menuju Kepulauan Seribu melalui Muara Angke. Kapal akan berangkat pada pukul 07.00 WIB dengan tiket sekali jalan sebesar Rp 42 ribu.

Berbeda dengan traveler bergaya koper, perjalanan bisa melalui Dermaga Marina Ancol dengan tiket sekali jalan sebesar Rp 167 ribu. Kapal mulai berangkat pukul 07.30 WIB. Tapi ingat, mereka yang membawa mobil dikenakan biaya sebesar Rp 15 sampai Rp 20 ribu untuk tiket masuk Ancol.

Lalu soal penginapan, traveler ala ransel bisa memilih aneka homestay di beberapa pulau di Kepulauan Seribu. Catat nih, nama homestay yang jadi rekomendasi yakni Homestay Putih, Homestay Laylad, Villa Dermaga, Homestay Pak Maing, Homestay Bang Buloh dan Mega Home Stay. Kisaran harganya dari Rp 300 sampai Rp 450 ribu per malam.

Sedangkan untuk traveler ala koper, bisa memilih resor-resor yang eksklusif. beberapa di antaranya yakni Resort Sepa Paradise, Resort Pulau Putri, Resort Pulau Macan dan Resort Pulau Pelangi. Koceknya, dari Rp 1,3 sampai Rp 1,6 juta per orang.

Bagi traveler ransel, biasanya akan mengunjungi pulau-pulau terdekat saja seperti Pulau Bidadari, Pulau Pramuka dan Pulau Harapan. Sedangkan traveler koper, bisa sampai Pulau Pelangi, Pulau Pantara, Pulau Putri sampai Pulau Alam Kotok.

"Sebenarnya dikembalikan ke traveler itu sendiri, mau traveling gaya ransel atau gaya koper. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan, atau mau dengan paket wisata juga tidak masalah," ujar Yohanes Budoyo dari bagian kerjasama dan humas Balai Taman Nasional kepulauan Seribu.

0 Response to "Mau Liburan ke Kepulauan Seribu, Enak Ransel atau Koper?"